Rabu, 16 April 2014

SMILE with ITP


Hi dear all my readers!!! Apa kabar kalian semua? In the middle of my hectic, saya sempetin waktu kali ini untuk mengpost something yang sangat bermanfaat untuk kita semua.Well guys, bisa dikatakan post kali ini sungguh spesial.Di luar dari project atau personal style atau tips yang biasa saya berikan.Postingan saya kali ini sungguh sangat spesial, dan karena kalian juga orang-orang spesial maka saya yakin tulisan saya hari ini akan dan sangat bermanfaat.Mungkin kalian bertanya-tanya, apa arti logo ini dan ITP itu apa?Well let's we start...

Selesai penjurian Kartini kemarin, dan sebelum flight.Saya memang sudah mengatur schedule untuk bertemu dengan kak Marisza Cardoba.Beliau adalah seorang entrepreneur dan Pendiri Yayasan ITP di Indonesia.Apa itu ITP? ITP adalah Immune Thrombocytopenic Purpura adalah sebuah penyakit autoimun yang 80% menyerang perempuan dan anak.Sistem Imunitas dalam tubuh penderita (survivor).ITP mendefenisikan trombosit sebagai komponen yang harus diliminir.Sedangkan Trombosit adalah keping darah yang memiliki peran vital dalam proses pembekuan darah.Hingga dapat dibayangkan.dengan jumlah trombosit yang selalu rendah, tubuh para penderita ITP sangat rentan terhadap pendarahan.

WASPADAI GEJALA ITP :
1.Mudah terjadi memar pada kulit
2.Bintik-Bintik merah di sekujur tubuh tanpa disertai demam.
3.Mudah terjadi pendarahan spontan yang berlebihan dan sulit berhenti (haid berkepanjangan,mimisan dan sebagainya)

PENCEGAHAN & PENGELOLAAN ITP :
1.Pola Hidup bersih & sehat
Berolahraga secara teratur, konsumsi makanan dan minuman sehat,bergizi serta bebas bahan pengawet, pelihara kebersihan diri dan lingkungan.
2.Hindari Aktifitas fisik yang bersifat High Impact (Berpotensi menyebabkan cedera)
3.Kenali masalah,penyakit,dan keterbatasan dalam hidup anda sebagai batu lompatan untuk berbagi kasih dengan sekitar dan SMILE.
4.Konsultasi ke dokter dan spesiali hematologi dan melakukan cek darah rutin.
5.Berdoa,sabar dan tekun.

Sources ITP dari :
Dari brosur ITP ya dikasih kak Marisza dan web www.smilewithitp.org

Kesan pertama saya bertemu dengan kak Marisza adalahh...Saya sangat shock.Shock kenapa? karena kak Marisza adalah ITP Survivor, tapi kak Marisza sangat sangat di luar bayangan saya.Ia tampak cantik,hangat,smart dan fashionable.Daaaann, kak Marisza adalah seorang Entrepreneur.Bisa dibayangkan kan? Beliau yang sakit, punya segudang karya dan juga sangat peduli terhadap sesama.Bagaimana dengan kita? Kita yang diberikan Tuhan berkat kesehatan.Seharusnya kita lebih sering bersyukur dan berkarya.Kami langsung berteman dengan akrab dan pembicaraan pun meluas.Sampai akhirnya jam menunjukan pukul 16.30 dan saya pun harus siap-siap ke airpot.Sebelum berpisah, saya menyempatkan diri untuk foto dengan Kak Marisza, karena saya yakin kalian juga pasti penasaran kan.Orangnya kayak gimana dan how she can survive? Well ini fotonya.
Ignore my chubby face ya guys.She's pretty right?


Me & Kak Marisza
See!! How pretty she is :) Guys, tujuan saya posting tentang SMILE with ITP ini tak lain tujuannya untuk membantu sesama kita.Apabila ada orang-orang di sekitar kalian yang mengalami gejala ITP .Kalian bisa menghubungi 0821-1572-8888 atau kalian juga bisa mempelajari lebih jauh tentang ITP di SMILE with ITP .Mari kita bantu sesama kita, karena untuk orang awam terkadang kita suka menyepelehkan dan tidak peduli.Alangkah indahnya, apabila kita dapat membantu sesama kita dengan memberikan informasi tentang cara mengatasinya dan organisasi yang khusus melayani tentang ITP.Apakah kita yang sehat juga bisa ikut berkontribusi? Ya, kalian semua juga dapat berkontribusi dengan menyebarkan berita dan informasi tentang ITP.Karena dengan adanya komunitas ini ITP Survivor dapat menyadari bahwa mereka tidak sendiri dan juga mereka mendapatkan pengertian tentang apa itu ITP sesungguhnya.Kita juga dapat membantu dengan mengikuti program-program sosial yang diadakan Komunitas ITP.Contohnya saja :
Dengan setiap pembelian Batik ( yang dibuat oleh ITP survivor ) yang tidak memiliki biaya, sama saja kita juga turut membantu dalam biaya pengobatan mereka.Untuk itu,setiap pembelian batik ini, kita akan mendapatkan PIN lucu ini.Pin warna kuning yang bertulis Smile With ITP.Let's care and Donate.

Additional Notes :
Singkat cerita, selama di bandara saya terus melamun.Mengapa melamun? Melamun dengan perasaan yang mencampur aduk.Tadi waktu saya audisi Kartini Next Generation Award.Saya banyak sekali bertemu dengan teman-teman yang luar biasa.Thanks God for bring me to this audition.Hal ini juga sangat membukakan mata saya, bahwa hidup tidak semata-mata cuma bekerja, berbisnis dan mengejar impian.Masih banyak sekali hal-hal yang belum kita ketahui.Acara diadakan di hotel Puri Denpasar.Banyak pengalaman dan pelajaran yang saya dapatkan.Kebetulan dalam pemilihan ini ada empat kategori yaitu : Bisnis,kesehatan,lingkungan dan sosial.Saya pun berkenalan dengan Kak Grace dan menurut saya she's super super woman.Wondering why?Grace Melia adalah founder dari Rumah Ramah Rubella dan Grace selain itu saya juga berkenalan dengan Mbak Mira Rumah Inspirasi, Mbak Winda Emak Gaoel, Mbak Nur yang sangat peduli terhadap penderita Talasemia Mayor dan mengumpulkan donor darah untuk penderitanya, dan masih banyak lainnya dan gak bisa saya tulisin satu per satu. Thanks God, saya menjadi semakin bersyukur dan menghargai hidup saya.Dan di tengah kesibukan saya pun, saya merasa tidak adil apabila cerita ini enggak saya bagikan ke kalian.The QUESTION is? Sometimes kita gak bersyukur dengan apa yang kita punya dan lebih cenderung mengeluh dan mengeluh.But, let's see from other side.Di saat kita merasa susah dan menderita, ada banyak orang diluar sana yang lebih susah dan masih tetap semangat.

Guys, cukup sampai disini dulu ya :) Saya harap semoga tulisan ini dan bermanfaat untuk kalian semua dan jangan lupa ya, kalau ada orang-orang di sekitar kalian yang terkena ITP, kalian bisa menghubungi Kak Marisza dan diberikan pengertian tentang ITP dan cara menanganinya.Keep up the spirit & have a good day people.

Love,

Valencia A :*

Tidak ada komentar:

Posting Komentar