Senin, 02 Januari 2017

FLASHBACK 2016 & VALEN'S DREAM BOOK




Happy New Year  2017 to all my dearest readers,
Semoga tahun ini kita semua menjadi lebih baik lagi ya dan semua cita cita, harapan dan impian kita tercapai. Say Amen oke?

Halo teman-teman semua, welcome back to Valens blog!

Udah lama sekali ya gak pernah update di blog #pinkypromise mulai di tahun 2017 ini, bakalan lebih sering ngupdate dan sharing ya. Tidak terasa ya, sudah 12 bulan dan 365 hari yang kita lalui di tahun 2016. Di penghujung tahun ini, tepat hari ini di 31 Desember 2016 yuuk kita Flashback dan menyiapkan Resolusi kita untuk tahun selanjutnya. Baiknya, kita merenungkan dengan santai, tenang dan jadikan momen ini sebagai Quality time. Kalau saya biasanya, sambil menikmati roti bakar coklat dan segelas Wild Berry Chamomile tea favorit saya, sambil diiringi playlist Brian McKnight.  For me, ini quality time yang sangat saya nikmati sekali. Berikut saya sharing beberapa tips yang menjadi kebiasaan saya dan semoga bermanfaat ya.

Berikut beberapa poin Flashback saya :
Dengan Flashback mengingat perjalanan dan pengalaman yang sudah kita lalui. Membuat kita lebih menyadari kesalahan-kesalahan apa yang sudah dilakukan, memaafkan diri  sendiri dan menjadikan kita lebih jeli dan pandai lagi untuk di masa yang akan datang.

  1.  Pengalaman-Pengalaman apa saja yang sudah saya lalui yang paling berkesan?
  2.   Kesalahan-Kesalahan apa saja yang sudah saya lakukan? Apa penyebabnya? Dan bagaimana saya memperbaiki kesalahan saya?
  3.   Apa momen yang paling berharga?
  4.  Apa yang menjadi Highlight saya di tahun ini?
  5.   Pencapaian-Pencapaian apa saja yang sudah saya lakukan? 
  6.    Kesimpulan atau pendapat saya secara keseluruhan di tahun ini? ( Kalau disini saya biasa share kesimpulan atau secar keseluruhan dari apa yang sudah saya lalui.

Berikut Beberapa poin Resolusi saya :
Resolusi disini sebagai titik acuan kita, impian-impian dan target apakah yang ingin kita raih. Resolusi disini bukan berarti dalam karier dan personal achievement saja, tapi dalam segala hal. Bisa berupa apa saja ( Soft skills, Hard skills dan apa saja yang ditargetkan untuk kemajuan dan kebaikan diri sendiri.)


  1. Apa resolusi saya di tahun yang akan mendatang?
  2.  Bagaimana saya bisa meraih resolusi saya? Apakah saya sudah siap dengan semua komitmen    tersebut?
  3.  Apa yang bisa saya lakukan untuk mengembangkan diri saya?
  4.  Apakah saya bisa berkontribusi secara langsung di sosial dan lingkungan?
  5. Kesalahan-kesalahan seperti apa yang bisa saya gunakan sebagai pembelajaran bermanfaat?
  6. Apa kelebihan dan kelemahan diri saya?


Setelah menjawab kedua poin dari Flashback dan Resolusi, kita sudah merefeksikan diri kita dan mengenal lebih jauh diri kita sendiri. Gampang sekali kan, bisa saja dituliskan di selembar kertas atau di notes dari smartphone. Untuk resolusi bisa juga di buat poin-poin to do list. Sekarang kan sudah banyak aplikasi-aplikasi di android yang bisa membantu kita. (Jangan lupa di praktekan ya) Karena saya adalah orang yang sangat visual dan interaktif dan saya juga gemar mengkoleksi scrap book / kertas-kertas/ stiker yang fancy lainnya. Jadinya momen ini selalu menjadi waktu yang pas bagi saya untuk membuat dream book saya yang berisi impian-impian, achievements dan quotes-quotes favorit saya, yang bisa jadi reminder kalau saya sedang tidak semangat. Yang saya suka dalam menyusun scrap book/dream book saya adalah, memori dan kenangan perjalanan yang telah saya lalui, masa-masa berjuang dan penuh tantangan, melalui masa transisi ketika kehilangan ayah saya, dan beradaptasi akan suatu hal baru di dalam hidup saya. Itu semua mengingatkan saya kembali ke dalam perjalanan yang pernah saya lalui dan menjadikan saya semangat untuk terus tumbuh dan berkembang. Dan sebagai perbandingan di saat itu dan di saat sekarang.

Berikut foto-foto Dream Book saya, yang sebenarnya adalah project dari MRCA (Merry Riana Campus Ambassador) di tahun 2013.






















Kumpulan - kumpulan firman sesuai kepercayaan saya.

Kalian bisa juga lohh membuat DIY Dream book kalian, untuk kalian yang lebih praktis dan tidak suka repot, kalian bisa juga membuat dari aplikasi-aplikasi yang ada di smartphone. Kalau saya secara personally, walaupun banyak aplikasi-aplikasi yang ditawarkan di tengah kemajuan teknologi saat ini, tapi saya tetap menyukai dengan buatan/ tulisan tangan sendiri. Momen, perasaan, dan kenangannya secara fisik terasa beda tentunya. Cukup sekian tulisan saya hari ini ya, semoga artikelnya bermanfaat yaah dan anyway apa ada yang sadar dengan tampilan blog baru saya? Menurut kalian gimana? Thank you yaa....


Foto Acara Tahun baruan di rumah kemarin bersama keluarga dan sambil nonton The Pursuit Of Happines Movie.




Warm hug and Love,



Valencia Arifin

Tidak ada komentar:

Posting Komentar